Beberapa waktu yang lalu, tepatnya pada hari Sabtu tanggal 9 April 2016 bertempat di BBC ETS Cabang Banyumanik Semarang telah dilaksanakan sebuah kegiatan pelatihan SDM yang mengambil tema “Uji ketangkasan dan kekompakan tim Cabang”. Kegiatan dilaksanakan di BBC ETS Cabang semarang 1 yang beralamat di Jalan Jati Raya Blok K No. 4 Perumnas Banyumanik Semarang dari pukul 08.15 s/d 13.00 WIB. Kegiatan diikuti oleh 22 orang karyawan, yang meliputi BBC ETS Semarang 1 / Banyumanik sebanyak 13 dan Semarang 2 / Tlogosari sebanyak 9 orang.
Acara tersebut dilaksanakan karena melihat beberapa dasar berikut ini :
1. SDM Cabang butuh pelatihan secara rutin sebagai bagian dari pembinaan karyawan
2. Kondisi sebelum tanggal 9 April nampak kekurangharmonisan dan kekurangkompakan personil, baik di Semarang 1 maupun 2 karena masing masing cabang dipimpin oleh orang baru. (Semarang 1 dipimpin oleh Bapak Wisnu B. Nugroho eks SDM Semarang 2) dan Semarang 2 dipimpin oleh Saudara Arif Setiawan (Eks SDM Semarang 1).
3. SDM nampak kurang semangat atau gairah dalam bekerja yang diakibatkan oleh gaji sering terlambat, kurangny apresiasi pimpinan, gaji masih jauh dari UMP / UMK, maupun komunikasi antar personil yang tidak lancer, dll.
4. Melaksanakan program kerja cabang tahun 2016 tentang SDM.

Selanjutnya dapat dicatat bahwa kegiatan inti meliputi :
1. Kegiatan Pendahuluan (08.15 s/d 09.15 WIB)
Peserta mengisi daftar hadir, makan snack /sarapan.
Kemudian seluruh peserta kumpul di halaman belakang gedung (Outdoor) dan disiapkan untuk upacara pembukaan, sekaligus pemanasan fisik.
2. Acara dilanjutkan dengan lomba sebagai berikut :
a. Lomba tarik tambang, 3 set dimenangkan oleh Tim BBC Semarang 1 dengan skor 2-1.
b. Lomba mengirim berita (estafet berita) dimenangkan oleh Tim Semarang 1.
c. Lomba mengisi air dalam plastic (lari estafet), dimenangkan oleh Tim Semarang2.
d. Lomba menawarkan / menjual produk (barang dan jasa) oleh TIM penjual, mulai dari pengarahan supplier / distributor utama ke Salesman / Sales lady sampai dengan door to door ketemu dengan calon customer. Lomba dimenangkan olek Tim Semarang 1.
3. Juara umum lomba adalah Tim Semarang 1 dan berhak atas hadiah sebesar Rp. 150.000;
4. Pukul 11.15 s/d 12.15 WIB kegiatan lomba Outdoor selesai dan dilanjutkan dengan Training di dalam ruangan. Training diberikan melalui media film untuk selanjutnya di apresiasi karena di dalam film itu nampak jelas tentang makna teamwork, leadership, and friendship sebagai modal suksesnya sebuah misi. Film yang kami sajikan kepada peserta berjudul “ Windtalkers” yang mengkisahkan perjalanan pasukan marinir Amerika Serikat dalam perang dunia ke 2 untuk mengalahkan bala tentara Jepang.
5. Berikutnya adalah acara istirahat makan siang dan sholat berjamaah, serta sedikit tausiyah. Acara selesai kurang lebih pukul 13.15 WIB dan selanjutnya Tim Semarang 2 harus meluncur kembali ke kandang di Jalan Tlogosari Raya I No. 48 Semarang.

Acara ini terselenggara berkat kerjasama personil Semarang 1 dan Semarang 2. Tujuan yang ingin dicapai adalah :
a. Memupuk rasa persatuan dan kesatuan.
b. Meningkatkan gairah kerja atau kinerja.
c. Menciptakan hubungan baik/ keharmonisan antar personil cabang.
d. Menumbuhkan semangat berkompetisi dan tahan banting.
e. Mengasah ketangkasan fisik maupun non fisik.
f. Menjadi Tim yang handal kedepan.

Kemudian sebagai evaluasi perlu kami sampaikan bahwa kegiatan seperti ini perlu dikembangkan dan dilestarikan karena sebagai ajang luapan emosi maupun penyaluran keinginan yang kadang terabaikan di cabang. Dan yang lebih penting lagi setiap orang memiliki fungsi yang sama pentingnya dalam setiap kegiatan yang menandakan fungsi yang sama pentingnya pula di cabang. Cabang yang memiliki team work yang handal yang disertai dengan semangat saling membantu dan gotong royong akan memiliki pengaruh positif bagi aura BBC Cabang, dan pada gilirannya diharapkan meningkatkan semangat berjuang agar cabang masing-masing menjadi maju. Tak kalah pentingnya pula yaitu dukungan dana memang menentukan. Tidak berarti boros, namun sebagaian besar kegiatan yang seperti di atas memang dibutuhkan dana. Oleh karena itu, dukungan penuh Pimpinan di Pusat dan seluruh jajaran manajemen sangat kami harapkan. Dengan keterlibatan hampir 100 % seluruh SDM Cabang di kegiatan ini dengan sukarela dan tanpa paksanan untuk mengikuti kegiatan hingga tuntas patut mendapatkan acungan jempol.