Selama diberlakukan belajar dari rumah untuk mencegah penyebaran wabah COVID-19, kegiatan belajar mengajar kelas ECIP1 di BBC-ETS Jati Asih dilakukan secara online, yang dikenal dengan PJJ yang dimana KBM dilakukan dalam kelas virtual dengan waktu pelaksanaan dilakukan sama seperti pada kelas tatap muka (konvensional) sebelumnya. Untuk dapat mengikuti kelas PJJ, siswa ECIP diberikan URL yang mengarahkan siswa ke kelas. Diawal kegiatan siswa menggunakan media zoom dan kemudian beralih menggunakan google meeet.

Pada pertemuan pertama ECIP1 melalui kelas virtual terasa agak berbeda, terutama diawal-awal peserta bergabung dengan kelas. Masalah teknis seperti suara yang terputus-putus, siswa yang merasa tidak begitu nyaman dengan alat handset yang dipakai, dan beberapa hal kecil lainnya. Pertemuan dimulai dengan menyapa peserta ECIP1 yang lebih awal bergabung oleh Mr. Berlian, instruktur yang mengajar kelas ECIP1. Instruktur menanyakan keadaan mereka masing-masing, kegiatan selama belajar dirumah sebagai seorang mahasiswa,serta menanyakan berita atau kejadian disekitar lingkungan mereka yang menarik perhatian. Tentu keseluruhan percakapan dilakukan dalam bahasa Inggris, namanya juga kelas English Conversation Intensive Program. Disela-sela peserta bercerita mengenai keadaan disekitar mereka selama belajar dari rumah, Mr. Berlian bercerita tentang topik beritakeadaanIbukota Jakarta selama PSBB berlangsung yang diambil dari harian berbahasa Inggris The Jakarta Post.

Terjadi tanya jawab antara Instruktur dengan peserta diikuti dengan pandangan dan pendapat dari peserta mengenai keadaan yang sekarang. Hampir 30 menit waktu yang dihabiskan untuk kegiatan ini. Setelah itu baru kemudian masuk kepada pokok materi pertemuan ini, dimana sesi kali ini merupakan sesi presentasi siswa. Masing-masing peserta memberikan presentasi mengenai topik tertentu selama maksimal 10 menit, diikuti dengan sesi tanya jawab sekitar 3 menit. Pada Presentasi kali ini, topik-topik yang dibahas yakni: bagaimana meenjaga kebersihan diri untuk mencegah COVID yang disampaikan oleh Sheila, kegiatan yang dapat menghilangkan kejenuhan berlama dirumah oleh Ridwan, cara belajar yang online yang efektif oleh Firly, dan bagaimana tetap menghasilkan uang dari rumah yang disampaikan oleh Dian, salah satu peserta ECIP yang senang berbisnis sembari kuliah. Suasana sangat hidup dan menyenangkan walaupun diawal – awal sedikit terganggu oleh kendala teknis.

Kelas berakhir pada pukul 21:15, lima belas menit lewat dari jadwal, dikarenakan para peserta masih ingin berbincang-bincang untuk mengurangi rasa kangen belajar didalam kelas seperti sebelumnya.