Kita pasti tau pentingnya belajar bahasa asing untuk anak, terutama bahasa inggris. Namun, kapan baiknya anak mulai belajar bahasa inggris?

Banyak sekali penelitian berusaha mencari jawaban atas pertanyaan ini. Menentukan usia ideal untuk anak belajar bahasa inggris memang masih menjadi perdebatan. Sayangnya belum ada kesimpulan yang menyebutkan usia secara pasti, sebab belajar bahasa inggris dipengaruhi banyak faktor, seperti lingkungan, motivasi, dan kualitas pengajaran. Ada orangtua yang sudah mengajarkan bahasa inggris dari anak mulai berbicara dan ada juga yang belajar saat anak mulai memasuki lembaga pendidikan formal seperti Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) atau bahkan sekolah dasar (SD). Bagaimanapun juga, sebagian penelitian menyatakan bahwa anak dapat belajar bahasa asing sejak dini.

Mengapa sejak dini?

 

Pada usia yang sangat dini, anak cenderung tidak takut membuat kesalahan sehingga membuat mereka sebagai fast learner. Adapun manfaat belajar bahasa inggris sejak dini, seperti:

  1. Meningkatkan kemampuan kognitif anak
  2. Meningkatkan memori, konsentrasi dan kemampuan anak untuk multitasking 
  3. Membantu anak dalam hal akademik
  4. Mengasah otak anak
  5. Melatih kepercayaan diri

 

Cara mengajarkan bahasa asing kepada anak

 

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan orangtua untuk mengajarkan bahasa asing kepada anak:

  1. Dijadikan kebiasaan sehingga tertanam rutinitas berbahasa asing. Orangtua dapat membuat jadwal untuk anak mendengarkan dan berkomunikasi bahasa inggris, misalnya dengan menyanyikan lagu bahasa inggris, membacakan cerita bahasa inggris untuk anak, atau melakukan percakapan sederhana dalam bahasa inggris. Rutinitas merupakan bentuk pengulangan yang merupakan kunci anak belajar bahasa inggris.
  2. Membuat permainan, mengajarkan anak usia dini harus dengan metode yang menyenangkan. Salah satu caranya ada bermain sambil belajar, banyak permainan yang dapat dicoba seperti menggunakan flashcard dengan gambar dan warna yang membuat anak tertarik.
  3. Merespons anak. Hasil belajar bahasa inggris anak akan mulai terlihat ketika ia mulai merespons anda dalam bahasa inggris pula. Dalam hal ini, anda harus memberikan respons balik yang positif dan antusias sehingga anak semakin termotivasi untuk belajar dan berbicara dalam bahasa inggris.

Nah, setelah membaca artikel ini menurut anda apakah anak anda sudah siap untuk belajar bahasa asing? Karena setiap anak memiliki kemampuan bahasanya masing-masing. Tidak semua anak mendapatkan hasil belajar yang singkat, jadi bersabarlah dalam mengajari anak bahasa asing.